Digital Agency Depok - Cara Mengetahui Minat & Kebutuhan Customers


Digital Agency Depok - Ingin memasarkan produk tapi bingung apa yang sedang dibutuhkan konsumen? Atau ingin meluncurkan produk baru tapi takut tidak sesuai dengan keinginan konsumen?

Jika kamu mengalami hal di atas, kamu perlu melakukan qualitative research untuk mengetahui kebutuhan konsumen kamu. Melalui qualitative research ini, kamu dapat dengan mudah menemukan apa yang menjadi minat dan kebutuhan konsumen pada waktu tertentu. Lalu, apa saja bentuk qualitative research yang bisa dilakukan?

1. Observasi
Ketika ingin memperlajari kebutuhan konsumen, kamu bisa melakukan observasi terhadap konsumen terlebih dahulu. Kamu perlu memperhatikan dan menemukan apa yang sedang diminati oleh konsumen. Tidak hanya itu, kamu juga perlu memperhatikan tren karena konsumen biasanya memiliki ketertarikan lebih tinggi terhadap tren yang sedang berlangsung.

2. Kuisioner
Kamu juga bisa mememberikan kuesioner kepada konsumen untuk memudahkan kamu mengetahui apa yang tengah mereka inginkan dan butuhkan. Buatlah beberapa pertanyaan kuesioner yang berkaitan dengan informasi mengenai produk kamu. Perlu diingat, dalam membuat kuesioner jangan terlalu banyak memberikan pertanyaan karena dapat membuat konsumen malas ketika menjawab dan hasilnya menjadi kurang valid.

3. Kotak Kritik & Saran
Apakah kamu pernah melihat kotak kritik dan saran yang tersedia di toko-toko? Atau melihat halaman kritik dan saran di website? Kotak kritik & saran ini sudah sangat umum kita lihat. Bagi pemilik usaha, pengumpulan kritik dan saran dari konsumen sangat penting karena hasilnya dijadikan sebagai evaluasi untuk berkembang ke depannya. Oleh karena itu, jika kamu ingin usahamu berkembang maka kamu harus terbuka terhadap kritik dan saran dari konsumen.

4. Focus Group Discussion (FGD)
Apabila kamu merasa ketiga cara tersebut kurang menjawab pertanyaanmu, kamu boleh melakukan Focus Group Discussion atau FGD. Cara ini cukup ampuh untuk menggali informasi lebih lengkap karena selain menjawab pertanyaan, konsumen juga dapat menyertakan alasan mereka dengan lebih detail. Tak heran, beberapa pemilik usaha lebih memilih melakukan FGD sejak awal dibandingkan menyebar kuesioner.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis dan Fungsi Sanitary Ware yang Perlu Anda Tahu

Digital Agency Tangerang - Influencer Instagram

Digital Marketing Gading Serpong - Cara Membuat Image pada Thumbnail Youtube